Slide # 1

Gaming Is Not A Crime

Game bukanlah suatu kriminal!

Slide # 2

Menjadi Gamer Adalah Pilihan..

Be A Professional Gamer!

Slide # 3

GTA V

Game Populer Dari Rockstar Games

Slide # 4

Assassin Creed Unity

Assassin Creed Unity

Slide # 5

STEAM

Steam Gaming Community

Rabu, 18 Maret 2015



Hai sobat Arts Game Indonesia. Mungkin kalian pernah mendengar orang berkata "Game dapat memberikan efek buruk" atau media berita yang memberikan informasi mengenai beberapa orang yang mati akibat bermain game. Sehingga sebagian orang beranggapan negatif terhadap game maupun gamer.

Sekarang mari kita luruskan tuduhan-tuduhan maupun anggapan-anggapan sebagian orang terhadap game maupun gamer. Sebelum menilai sesuatu sebaiknya kita mencari tahu terlebih dulu, penyebab sampai orang-orang yang bermain game bisa mendapatkan efek negatif.

Pertama mari kita bahas soal efek negatif yang diterima sebagian orang saat bermain game. Perlu diketahui kalau setiap game yang ada memiliki syarat dan aturan untuk dimainkan, tapi untuk sebagian orang tidak memperdulikan persyaratan maupun aturan tersebut dan pada akhirnya menyalahkan game yang dimainkan. Salah satu syarat ataupun aturan yang ada yaitu beberapa game memiliki batasan umur untuk dimainkan. Untuk itu peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi game yang dimainkan anaknya.

Ketika game yang dibuat untuk dimainkan orang berumur 18+ dan dimainkan anak berumur 6 tahun, tentunya secara tidak langsung akan memberikan efek ke sang anak, efek yang diterimapun tergantung bagaimana sang anak menanggapi game yang dimainkan. Karena setiap game memiliki tingkatan-tingkatan dan dibuat menyesuaikan pola pikir seseorang berdasarkan umurnya. Maka dari itu jika seseorang hanya bisa menyalahkan sebuah game atas apa yang telah terjadi, tidak dapat dibenarkan.

Kemudian mengenai beberapa kasus kematian yang terjadi, dan orang-orang menyalahkan game yang dimainkan atas penyebab kematian tersebut. Perlu diketahui memainkan game dapat memicu otak bekerja lebih keras serta membuat detak jantung berdetak lebih kencang dari pada biasanya. Karena itu waktu bermain game juga perlu dibatasi, karena segala sesuatu yang berlebihan tentu memberikan efek yang tidak baik. Tapi bagi sebagian orang tidak memperdulikan efek-efek yang akan diterima sebelum mereka menerima efek tersebut.

Jika seseorang beranggapan game itu tidak baik berdasarkan kejadian yang telah terjadi sangat tidak dapat dibenarkan, karena hal tersebut hanyalah penilaian sepihak tanpa mengetahui penyebab terjadinya kejadian tersebut.

Buktinya banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli yang menyatakan bahwa bermain game dapat memberikan banyak efek positif secara langsung maupun tidak langsung. Bukti lainnya adalah orang-orang (gamer) yang sukses dalam bidang game, dan mampu menghasilkan jutaan dolar hanya dengan bermain beberapa game yang ada.

Segala hal memiliki aturan, sama halnya dengan meminum obat, ada yang bisa di konsumsi dan ada yang tidak bisa di konsumsi tergantung dengan syarat dan aturan yang ada. Dan bila dikonsumsi berlebihan tentu akan memberikan efek yang negatif, namum sebaliknya jika di konsumsi berdasarkan aturan yang ada akan memberikan efek yang positif.

Jadi buat kalian sobat Arts Game Indonesia, bermain game itu perlu, tapi bukan berarti tanpa aturan. Kalian harus bisa mengatur waktu kalian selama bermain game dan juga kalian harus pintar-pintar dalam memilih game yang akan dimainkan. Karena setiap game memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda. Dan ingat "Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik" Jadi jangan sampai lupa waktu saat kalian bermain game ya!.